SOSIALISASI PERMENDIKBUD RISTEK NO 30 TAHUN 2021

 

Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Perempuan dan Anak (FORKOM PUSPA) telah sukses menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Permendikbud Ristek No.30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi, Kamis (28/12/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium KH.Ahmad Dahlan Lt.III UML dihadiri oleh Rektor UML ibu Dr.Mardiana,M.Pd.I, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, seluruh civitas akademika UML, dan Mahasiswa UML.

Rektor UML ibu Dr.Mardiana,M.Pd.I saat memberikan sambutan menjelaskan bahwa di UML telah terbentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) yang dapat menjadi tonggak kenyamanan yang manusiawi dan bermartabat tanpa kekerasan di antara mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan seluruh civitas di UML.

"Kemarin kita mendapat piagam penghargaan terbaik ke 3 dari LLDIKTI 2 atas implementasi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di Perguruan Tinggi, kita patut berbangga atas itu." Ungkap ibu Dr.Mardiana,M.Pd.I.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 200 mahasiswa ini diisi oleh 4 narasumber berpengalaman di bidangnya.

Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung, ibu Dwi Hafsah Handayani,S.Psi memberikan materi terkait Sharing Pengalaman Dalam Penanganan Kasus Kekerasan Seksual di UPTD PPPA.

Narasumber dari Forkom Puspa Ibu Selly Fitriani,SH yang menjelaskan tentang Kekerasan Seksual. Kemudian, Ibu Handy Mulyaningsih,M.Si dari UNILA menjelaskan tentang Permendagri No.30 Tahun 2021.

Dan Ibu Sulastri,S.Psi.,M.H.I sebagai Ketua Pelaksana kegiatan sekaligus pemateri terakhir yang menjelaskan terkait Peran Perguruan Tinggi dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi.